10 Tips Traveling Hemat yang Bikin Dompet Aman

 Punya rencana traveling dalam waktu dekat? Berhubung traveling bukan kegiatan yang murah, sepertinya perlu mencari tahu tips traveling hemat agar selesai traveling nanti pikiran tidak penat.

Kita tahu, traveling jadi kegiatan rutin sejak dulu. Periode perencanaan traveling setiap orang juga sangat beragam. 

Ada yang menjadwalkannya setiap bulan, ada pula yang merencanakannya setahun hanya satu kali dibarengi dengan mudik lebaran.

Biarpun hanya satu kali dalam satu tahun, pengeluaran traveling ini enggak main-main, ya. Bisa mengambil hampir setengah dari penghasilan bulanan, bahkan ada yang hampir menghabiskan sekali gaji karena memboyong keluarga.

Selain menyimak tips traveling hemat, jangan lupa juga untuk membeli produk Asuransi Simas Insurtech. Jadi, saat traveling kamu akan merasa aman, karena tak perlu pusing memikirkan kerugian karena risiko-risiko yang mungkin terjadi. 



Tips Traveling Hemat

Biar isi dompet aman selama traveling, simak 10 tips sebelum traveling di bawah ini, ya.

1. Sesuaikan Destinasi dengan Budget

Liburan ke Raja Ampat tentunya menjadi impian banyak orang. Tapi, untuk sampai ke Raja Ampat, budget yang harus dikeluarkan pun enggak sedikit. Jika terlalu mahal, sebaiknya pilih destinasi lainnya saja.

Belitung dan Bali bisa jadi pilihan untuk menikmati keindahan bawah laut Indonesia. Memilih destinasi yang banyak peminatnya seperti Belitung dan Bali juga banyak keuntungannya, karena banyak agen travel membuka open trip dengan harga super terjangkau.

Kamu juga perlu mengetahui keinginan dan kebutuhan. Jika kebutuhannya sekadar traveling dan destinasi laut hanya sebuah keinginan, haluan traveling bisa juga diubah ke destinasi yang bukan laut.

Misalnya pergi menginap ke sebuah villa asri di perbukitan, mengunjungi kebun binatang di luar kota tempat tinggal, atau ke tempat rekreasi umum di kota-kota besar.



2. Pertimbangkan Moda Transportasi

Pilihan transportasi saat ini sudah banyak sekali lho. Bagi yang punya budget yang cukup banyak namun memiliki hari libur terbatas, pergi-pulang menggunakan pesawat bisa jadi pilihan. 

Pilihan ini bisa menghemat waktu perjalanan dan tentu saja memperpanjang waktu liburan di destinasi wisata pilihan.

Akan tetapi beda ceritanya apabila budget pas-pasan. Jika waktu libur yang dimiliki cukup panjang, jalur darat atau jalur laut bisa jadi pilihan, lho. Selain lebih hemat budget, menggunakan kereta api, bus, atau kapal laut akan lebih berkesan.

Perjalanan pergi-pulang dengan transportasi darat ini bisa diperhitungkan sebagai waktu liburan, bukan waktu perjalanan. Sebab perjalanan dengan waktu yang cenderung panjang ini umumnya menyuguhkan pemandangan indah.

Bagaimana jika jatah liburan dan budget sama-sama terbatas? Mau tidak mau, kita harus putar haluan destinasi atau meminta jatah libur lebih panjang lagi.



3. Tidak Harus di Hotel

Menginap di hotel dengan pemandangan indah dan disuguhi banyak sajian makanan khas destinasi wisata tentunya membutuhkan dana yang besar. Traveling bak dalam film itu harus kita kesampingkan dahulu, jika ingin mengikuti tips traveling hemat.

Alternatif terbaik selain menumpang di rumah kenalan adalah menyewa sebuah villa atau homestay yang harganya lebih terjangkau.

Memang, tidak ada pemandangan indah dan pelayanan yang baik seperti di hotel atau resort. Namun, pemilihan villa atau homestay bisa menekan pengeluaran, apalagi jika traveling bersama teman-teman atau keluarga.

4. Cari Promo

Berbagai perusahaan agen perjalanan berbasis aplikasi dan website banyak menawarkan promosi pada musim-musim tertentu. 

Bahkan sebelum hari-hari besar tiba, mereka telah membuka banyak promo sebagai persiapan para pecinta traveling, termasuk untuk TRAVEL BLOGGER MEDAN

Tidak hanya agen perjalanan berbasis aplikasi dan website. Jika ada rencana untuk traveling ke lokasi yang jauh dari domisili, nampaknya harus rajin untuk datang ke berbagai travel fair atau gelaran akbar promo tiket transportasi.

Banyak sekali orang yang rela mengantre untuk mendapatkan berbagai tiket penginapan maupun tiket pesawat serta kereta api. 

5. Hindari Musim Liburan

Musim liburan adalah saat semua tiket akomodasi memberikan harga yang melambung tinggi, apalagi jika memilih traveling pada masa cuti bersama seperti Hari Raya Idul Fitri atau libur sekolah.

Bukan hanya tiket yang melambung tinggi, akses jalan yang akan dilalui saat pergi maupun pulang sudah pasti akan menjadi headline berita nasional karena lalu lintasnya macet.

Walau kemungkinannya kecil, tidak sedikit orang-orang yang terpaksa memutuskan menambah hari liburnya untuk menghindari jalan macet saat pulang. Alhasil pengeluaran membengkak karena traveling bertambah satu hari.

Apabila persiapan traveling tidak direncanakan jauh hari, maka hindari musim liburan untuk traveling ke tujuan destinasi yang sudah pasti akan ramai. Pilihlah pada hari kerja dengan mengambil lebih banyak jatah cuti tahunan.

6. Kurangi Barang Bawaan

Membawa banyak barang akan menjadi hambatan saat traveling menggunakan pesawat yang memiliki kapasitas bagasi terbatas.

Jika memilih untuk tetap membawanya, sudah pasti biaya bagasi akan membengkak dan butuh waktu untuk memproses kelebihan bagasi tersebut.

Untuk itu, pastikan mengeliminasi barang bawaan sebelum traveling ya. Kamu bisa membeli beberapa barang khusus travel size, sehingga tak perlu membawa barang-barang besar, seperti botol sabun, botol lotion, dan lain-lain.

7. Susun Rencana Perjalanan

Pergi ke lokasi yang tidak direncanakan bisa menjadi sebab bengkaknya biaya travelingmu.

Selayaknya agen wisata yang memiliki itinerary, traveling mandiri juga perlu menyusun rencana perjalanan selama menginjak kota tempat destinasi wisata.

Melalui rencana perjalanan ini, bisa diperkirakan biaya yang akan digunakan dalam setiap kunjungan. Termasuk biaya makan hingga belanja pernak-pernik khas wisata tersebut.

8. Hindari Banyak Belanja

Sudah hemat membeli tiket penginapan dan tiket akomodasi, ternyata malah banyak jajan selama traveling di tempat wisata.

Sebaiknya, untuk agenda belanja ini harus direncanakan, apa saja yang boleh dibeli saat berkunjung ke sana. Seperti hanya membeli satu cinderamata berbentuk pajangan rumah, dengan tujuan tidak memenuhi barang bawaan saat pulang.

Selanjutnya. untuk belanja makanan dan minuman, sebaiknya diberikan porsi satu kali saja selama sehari untuk makan di tempat yang cukup mahal.

Contohnya makan siang di tempat yang mahal, sedangkan sarapan di pinggir jalan dan makan malam di pusat jajanan murah.

9. Budgeting

Dari delapan tips di atas, budgeting  menjadi kunci sukses untuk traveling hemat. Dari budgeting yang dirinci, setidaknya bisa melihat pengeluaran apa saja yang akan digunakan selama traveling.

Melalui budgeting ini juga, lebih mudah untuk mengetahui pengeluaran mana saja yang ada di luar budget dan over budget.

Adanya budgeting ini, terlihat kan betapa mahalnya biaya traveling yang kita lakukan?

10. Rencanakan Sejak Jauh Hari

Selain merinci rencana pengeluaran melalui budgeting versi diri sendiri, merencanakan traveling sejak jauh hari juga sama pentingnya.

Adanya rencana traveling sejak jauh hari ini akan memberikan kesempatan untuk menabung sesuai dengan budget yang telah dirinci.

Selain itu, ada juga peluang untuk mendapatkan tiket promo. Baik itu tiket promo pesawat dan kereta api atau tiket promo menginap di hotel terbaik dengan harga termurah.

Jadi, sudah ada rencana untuk traveling? Jangan lupa ikuti tips di atas untuk mencapai traveling hemat versi kamu di tahun ini ya.

Jangan lupa juga untuk membekali perjalananmu dengan produk asuransi perjalanan dari Simas Insurtech. 

Asuransi Perjalanan Simas Insurtech ini akan memberikan jaminan perlindungan atas berbagai risiko yang mungkin terjadi ketika bepergian, baik bepergian di dalam negeri maupun luar negeri.

Kamu pun jadi merasa lebih aman dan bisa berlibur dengan tenang bersama keluarga maupun sahabat. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu.


Komentar

  1. Sepakat dengan ke sepuluh tipsnya ini mbak. Emang penting juga selalu menengok isi dompet supaya pengeluaran selama travelling tetap terkendali. Nggak usah maksain nginap di hotel kalau memang ada penginapan/losmen yang nyaman untuk tempat singgah di kota tujuan

    BalasHapus
  2. setuju banget sih aku sama 10 tips di atas biar bisa traveling hemat, happy terus dan bebas stres, relaks all the way

    BalasHapus
  3. Memang paling enak jalan-jalan kalau bukan musim liburan. Karena suasananya gak terlalu rame. Jadi bisa lebih menikmati libur. Lebih irit juga, ya :)

    BalasHapus
  4. Budgeting itu perlu, langkah selanjutnya yang gak kalah penting adalah melaksanakannya! Ahaha. Soalnya walau udah dibudget kan, suka2 kalap (apalagi kalau belanja), ahaha.

    Anw, begitu anak-anak udah sekolah, jadi syulit liburan di bukan musim libur euy, ahaha. Karena cari waktunya itu yang udah mulai tricky.

    BalasHapus
  5. Oh ternyata jalan2 juga ada asuransinya yah. Emang bener ada banyak risiko juga sih dalam perjalanan. Kalau ada asuransi kan jadi ngga perlu was2 lagi yah.
    Bisanya yah pas liburan anak2 skolah hehee.

    BalasHapus
  6. Wah bagus pisan deh tipsnya. Iya juga ya, traveling itu gak mesti punya duit banyak. Asal punya triknya, bisa deh kita traveling murah nan hemat, tapi tetep seru. Btw, huhu aku kangen traveling. Kepengen bareng keluarga juga. Seru pisan kayaknya. Sejak pandemi belom pernah lagi pergi ke mana pun yang agak jauhan. Semoga bisa segera deh. Bikin itinerary dan budgeting dulu aaaah. :D

    BalasHapus
  7. Pokoknya serba diminimalkan dulu kalau mau hemat ya, Maak. Terpenting dapat pengalaman di destina impian. Hihihi

    BalasHapus
  8. Makasih banyak atas semua tipsnya yah mbaaak, setuju bangeeet! Travelling biar gak boncos harus diperhitungkan baik2 budgetnya yaaah. Dan beneran sebaiknya jangan pas waktu liburan sih, jadi lebih penuh dan mahaaal huhu

    BalasHapus
  9. Kalau bisa milih, aku pergi liburan saat low season aja biar sepi. Jadi gak macet-macet ria. Bepergian memang sebaiknya direncanakan biar ada bekal uang dan lainnya. Kecuali emang orang kaya ya 😁

    BalasHapus
  10. Penting banget buat saya tu liburan jangan pas di musim liburan. Pengalaman dulu ya, bukannya mau menikmati liburan santai, malah tempat wisata banyak wisatawan. Jalanan macet pula. Huff...

    BalasHapus
  11. Kapan nih bisa liburan bareng Mba Nurul sampai ke Amerika? Hehehe. Mba aku setuju ama semua sarannya. Terutama untuk beli tiket jangan pas musim liburan. Mahaall

    BalasHapus
  12. Tidak harus nginap di hotel ini yang selalu saya terapkan. Jangankan sekarang udah gede anaknya. Waktu hamil saja, pas naik ke Semeru, pulangnya kan nunggu keberangkatan kereta besok sorenya daripada bayar ke hotel, saya mah milih datang ke kantor Polsek dan izin nginap dimana aja. Sambil nyerahin KTP
    Alhamdulillah tuh yg piket baik. Saya disuruh ke mushola saja dan KTP tidak ditahan. Uang untuk hotel kan bisa buat kebutuhan lain ya...

    BalasHapus
  13. Travelling yang paling nampak di awal selain plot waktu juga masalah biaya yaa...
    Jadi tips agar travelling tetap enjoy adalah dengan memahami apa yang dibutuhkan ya.. Gak usa lebaaii semua pengen. Nanti abis travelling malah pusing karena mendadak pengeluaran membengkak.

    BalasHapus
  14. nah bener hindari banyak belanja, apalagi oleh2 wes gak usaaah. Aku klau jalan2 biasanya yang penting ambil kyk banyak foto gtu di ikon2 yangt terkenal di daerah yang dikunjungi. Kalau masalah belanja oleh2 paling beli yang simple dan kecil2 aja pokoknya bisa buat kenang2an yg ada kek magnet, gantungan kunci dll.
    Budgeting sangat penting supaya abis traveling gak malah jd pening yaa hahaha.

    BalasHapus
  15. Asuransi perjalanan penting terutama beberapa negara bervisa malah ada syarat sudah punya asuransi perjalanan ketika pengajuan visanya.

    Asuransi perjalanan melindungi kita dr delay atau sakit di negara orang (gusti yeni)

    BalasHapus
  16. Hindari masa liburan selain ngga rame juga biasanya tiket akomodiasi lebih murah ...
    Tips mbk Nurul selalu okee

    Btw, makasi BLnya mbk 😍

    BalasHapus
  17. Nah bener liburan di musim liburan itu benaran ga nyaman. Tapi mau ga mau biar anak-anak yang sekolah tetap bisa ikut liburan juga huhuhu

    BalasHapus
  18. Traveling memang kudu diagendakan, harus disiapkan sananya. Kadang pengennya traveling di hari biasa tapi Kan nunggu anak liburan biar bisa oke waktunya

    BalasHapus
  19. Aku jadi ingat teman-teman yang hobi traveling, jauh-jauh hari pasti udah berburu tiket promo tuh. Seru juga mengamati mereka searching di berbagai penawaran dan menyiapkan perjalanan yang akan mereka lakukan bahkan dari tahun sebelumnya.

    BalasHapus
  20. Aku kalau liburan pasti mala di ari kerja dan bukan masa liburan. Untuk mengindari macet dan keramaian tempat wisata. Emang lebi nyaman si.

    BalasHapus
  21. iya nih, mbak. aku sebenarnya pengen banget jalan-jalan ke luar pulau tapi mengingat harga tiket pesawat yang mahal banget dan masih ada rencana rehab rumah kayaknya jalan-jalannya di dekat-dekat aja

    BalasHapus
  22. Aku kalau traveling pinginnya malah ga sama keluarga apalagi anak masih kecil2 kayak pindah momong aja. Haha. Jadi lbh suka traveling bareng tmn blogger/vlogger sekalian kerja

    BalasHapus
  23. Setuju banget nih, biar bisa liburan hemat emang mesti pinter pinter cari promo dan rencanain dr jauh jauh hari yaaaaa.. jadi bisa cari tiket lebih murah.. hihi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dakwah ala Maher Zain

Bersyukur

Bersyukur Meski (Tampaknya) Sedang Tersungkur