Yayyy, Hidup Sehat Pasti Seruuuu!

Tentu sudah tertulis di lauhul mahfudz, bahwa hari itu, Ahad, 24 Mei 2015, aku akan berjumpa dengan seorang emak kece nan ngeheitss abis. Yak, doi adalah mak Mira Sahid, founder sekaligus aktivis dari komunitas Kumpulan Emak2 Blogger (KEB).

Lihatlah Mak Mira yang teteup ketjeeh itu. Ketika hadir dalam #ArisanIlmu di Kebun Bibit (Taman Flora) Bratang, Surabaya, Mak Mira kudu menempuh perjalanan selama 19 jam (yeap, you're right, SEMBILAN BELAS JAM) naik Kereta Api dari Jakarta.
Karena pas banget ada insiden kereta terguling di Cirebon.

Bayangkanlah. Menempuh perjalanan SEMBILAN BELAS JAM, dan teteuuup ketjeh bingggooo sedemikian rupa! Uuuh, udah pantesss jadi artis dikau, Mak! Wekekekeke :)

Setelah aku korek-korek, apa sih tips ketje menawan paripurna ulala semacam itu, maka beginilah kurang lebih jawaban Mak Mira.

1. OLAHRAGA RUTIN 


Dalam hal ini, Mak Mira emang udah yang level membahana di dunia Yoga. Pantengin deeh, IG doi https://instagram.com/yogameera/
Atau boljug mampir ke: https://yogamira.wordpress.com/

Foto kiriman Mira Sahid (@yogameera) pada



Dijamin, bakal termehek-mehek! Terpampang nyata aneka pose yoga yang menakjubkan sodara-sodaraaa...! Ya ampyuuuun, emak-emak ternyata bisa bingits ya, melakoni pose2 azaaaibbb sedemikian rupa. Uhukss.

Makdarit, saya juga coba mengimitasi apa yang Mak Mira lakukan. Karena daku masih beginner banget di kancah yoga, yaaa... saya download deh video yoga for beginner dari youtube. Di antaranya, yang dipandu oleh Denise Austin.

Ternyata bener ya. Yoga itu bikin segeerrr bugeerrrr. Walopun kesannya gerakan yoga gitu2 wae, tapiii bisa menembus hingga relung kalbu yang paling dalam loh #apaseh
Dan yang pasti bikin SEHAT!

2. PERBAIKI POLA MAKAN 

Terusss, terusss, apalagi tipsnya?

Nah, ini tips kedua. Tentang Makan. Inget-inget deh, sabda Rasul "Perut adalah gudang Penyakit, dan Puasa adalah obatnya"(HR. Muslim)

Wiksss *minder lirik perut segede karung**

Sayapun dilanda gundah gulana. Wisata kuliner itu kan hobi saya. Hobi pakek banget. Udah merasuk ke tulang sumsum gitu loh, Maks! Apalagi, kalo lagi ada undangan kawinan. Wedewwww, udah yang kalaaaap gitu, pengin membabat habis semua hidangan yang tersaji. Kan kasian kateringnya udah capek2 masak, eh, cuman diincipin seiprit. Iya kan? Kan? Kan? #alesan

Naaaah, kali ini saya kudu menghaturkan milyaran terima kasih pada Mak cantik berwajah imut yang punya nama Widyanti Yuliandari.

Doi menghadiahkan buku "AWESOME! RECOMMENDED! INSPIRATIF! WAJIB PUNYA!" oke, oke, stooop, tolong frekuensi lebay-nya dikurangi, boleh, maknya Sidqi? Hahahhaha :)

Eh, serius looo tapi. Nih Buku bener-bener jadi Pahlawan untuk Padu Padan Konsumsi saya setiap hari. Judulnya --> FOOD COMBINING Pola Makan Sehat, Enak dan Mudah




Nyaris saban hari, kita (KITA??!! Lo aja, keleusss) oke, okeee... GUE :) terpapar dengan beragam banyaknya iklan, promosi, review, rekomendasi whatever apapun ituh yang berkaitan dengan wisata atau tempat kuliner yang maknyus. Terkutuklah wahaaaaiiii para food enthusiast dan food blogger yang rentan bikin hasrat ngulinerku membara hahahah.

Naah, buku ini bisa menjadi petunjuk menuju jalan yang lurus *halah* supaya kita menjalani proses makan dengan baik dan benar.

"Ini yang unik dari Food Combining (FC), yang memperhatikan padu padan jenis makanan. Faktor ini pula yang kerap membuat orang yang belum mengenal FC menjadi salah sangka bahwa FC adalah pola makan yang rumit. Sebenarnya tidak sama sekali!

Mengapa kombinasi makanan perlu diperhatikan? Karena ini berkaitan dengan sistem cerna, termasuk enzim yang bekerja untuk proses pencernaan makanan.

Dalam FC, asupan makanan diatur mengikuti kombinasi yang sesuatu untuk dapat memberikan lingkungan yang sesuai bagi kerja enzim yang optimal. Oleh karena itu, proses pencernaan makanan tidak akan memaksa tubuh menguras energi untuk mencerna. Seluruh organ dapat bekerja sesuai dengan kapasitasnya, kita pun menjadi lebih segar dan bertenaga."

OMAYGAAADDD *sujud syukur**

Iniiiih.... Iniiiiihhhh.... manual book yang aku cari selama ini...!
Akhirnya, aku temukaaan, uhuuuuyyyy!! *beyond happy*

Yang lebih sip markosip lagi, di buku ketjeh ini kita juga disodorin beberapa resep makanan yang mayoritas berbasis buah dan sayur. Aahaaaiii, tahu aja selera emak2 niiih :)

Ada gado-gado raw ala FC, salad thai, asinan sayur dan lain sebagainya. Ssssedaaaapppp!

3. KONSISTEN DENGAN GAYA HIDUP SEHAT

Iya loh. Ternyata tipsnya sesederhana itu. Banyakin olah fisik, disertai positive thinking, jalani pola makan yang baik dan benar, lalu Konsistenlah!

Haha. Tips terakhir ini yang (kelihatannya) beraaat yaks. Tapiii, apa boleh buat, demi terwujudnya kesehatan nan paripurna, kita kudu istiqomah alias senantiasa konsisten dengan gaya hidup sehat. 

Olahraganya jangan Senin Kemis doang dong. 
Pola Food Combining kudu dipraktekin saban hari doooong :)
Kita kudu jadi #HealthAgent paling tidak untuk lingkungan sekitar kita dulu deh :)
**ngomong sama diri sendiri**

Semangaaaatt...! Semangaat....!! *kepalkan tangan ala Bung Tomo*














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dakwah ala Maher Zain

Bersyukur

Bersyukur Meski (Tampaknya) Sedang Tersungkur