Jangan Telat Ganti Oli Motor Matic!

 

Halo! Anak-anak sudah mulai Liburan sekolah, ya? Asik asiikk, bisa lumayan gegoleran dikit ya Bund. Ga usah buru-buru siapin sarapan atau bekal buat bocah yang full day school. Bisa nih buat marathon DraKor atau binge watching Dorama alias drama Jepang. Hihihi.

Eh tapiiii, kalo punya anak remaja, lain lagi ceritanya Bund. Walaupun musim Liburan, remaja tuh adaaaa aja dah kegiatannya. Anak saya nih, officially udah pembagian Raport dan tentu saja udah liburan pergantian semester. Sempat ada wacana buat dolan ke kota sebelah. 

Eh la dalaahh, saya dapat pesan dari guru walinya, ”Sidqi ikut tim basket sekolah ya Bund. Karena awal Januari ada kompetisi, maka di musim Liburan ini, Sidqi ada jadwal LATIHAN BASKET RUTIN bareng coach dan anggota tim basket lainnya.”

Mak cleguuuk. Di satu sisi ya, rasanyaa…. “Oh, Alhamdulillah, untung belum pesen tiket kereta.” Tapi di sisi lain, emak bersorak gembira, ”Yeayy, kalo nggak jadi ke luar kota artinya mayan nih bisa hemat budget plesir wkwkwkwk”.



Ya sudahlah, agenda plesir-nya diganti dalam kota aja. Ndilalah, ini bolo plek Sidqi yang sama-sama abas (anak basket) juga demen seseruan naik motor. Adalah Zacky sebagai dedengkotnya, rajin banget motor riding keliling Surabaya. Rumah di daerah Rungkut (Surabaya Timur) eh dese semangat banget ngajakin Sidqi dkk untuk motor riding sampai ke G-Walk di Surabaya Barat. Beughh, namapun darah muda yes…. Suka hal-hal yang challenging. Tugas ortu doa dan kasih ridho aja dah. Termasuk, mengingatkan para remaja ini untuk merawat kendaraan yang ditunggangi. Ya iya dong, jangan sampai Cuma bisa naik motor doang! Justru harus concern banget dengan kondisi motor.

 

Jangan Sampai Telat Ganti Oli!

Kids jaman now ( termasuk emak-emak juga sih ) banyak yang lebih suka pakai motor matic kan. Memang enak sih, apalagi kalau dipakai di kota besar yang rawan macet, kayak Surabaya. Pemakaian motor matic lebih praktis, bisa sat set wat wet. Udah gitu, bagasinya lebih lebar kan. Lumayan ini mah, untuk yang hobi shopping while riding. Ga perlu pusing-pusing nyari tempat penyimpanan barang.

Salah satu hal paling krusial adalah: perkara oli motor matic 

Yang jelas, pengguna motor matic kudu paham banget serba-serbi memilih oli. Tentu kita ingin dong, melakukan proteksi separipurna mungkin, supaya mesin tetap awet. Nah, FYI gaes, oli motor matic yang tepat akan melindungi mesin motor dari korosi, abrasi, dan over-heating. Ini karena oli motor matic memiliki komposisi kimia yang sesuai untuk pengoperasian mesin.

Selain itu, komposisi kimia yang tepat pada oli matic, akan membuat mesin lebih tahan lama. Melindungi dari berbagai kerusakan, akibat usia kendaraan maupun operasional yang kurang tepat.

Eh, ternyataaa oli motor matic yang tepat juga bisa meningkatkan efisiensi pembakaran lho. Pada gilirannya, mesin motor kita menghasilkan emosi lebih sedikit. Ini berimplikasi pada berkurangnya ongkos pemeliharaan mesin. Ciamik kan? Oli motor matic yang tepat juga bikin mesin motor makin responsif deh. Penggunaan bahan bakar jauuhh lebih efisien!

So, gengs! Kalau mau berburu oli motor matic, segera meluncur ke https://planetban.com/ yaaaa

Ingatkan buah hati atau saudara kita. Jangan sampai telat ganti oli. Lebih baik kita merawat kendaraan dengan telaten. Karena kalau mengalami kerusakan, bakalan nyesel. Ongkos perbaikan biasanya jauh lebih mahal ketimbang ongkos pemeliharaan kendaraan bermotor kita. 

Cuss!!

 

 

Komentar

  1. Bener banget mbak, perkara oli motor jangan sampai dilupakan karrna akibatnya bisa fatal banget. Harus mulai aware bagi yang suka lupa atau dampaknya bisa kemana-mana.

    BalasHapus
  2. Setuju banget.
    Motor jangan hanya digeber tanpa perawatan
    Seperti tubuh yang butuh makanan bergizi

    BalasHapus
  3. Iya dong. Punya barang tuh harus rajin merawat dengan tepat. Seperti oli untuk motor matic ini

    BalasHapus
  4. Kalau perawatan motor lancar, bikin urusan berkendara ke mana-mana jadi lancaaar 🛵💨💨

    Buat Sidqi, semoga sukses di kompetisi basketnya. Aamiin

    BalasHapus
  5. Gawat banget emang kalau sampai terlupa ganti oli apalagi sampai bikin si oli di dalam motor mengering. Bisa auto service besar tuh si motor.

    BalasHapus
  6. Bener banget. Oli itu krusial sekali. Bisa menjaga mesin tetap awet. Jadi harus sering diganti agar mesin motor matic selalu awet

    BalasHapus
  7. Bener banget nih mba. Harus rutin ganti oli biar mesin motornya awet. Apalagi kalo sering dipake sehari2 ya, pastinya butuh perawatan yang lebih baik

    BalasHapus
  8. Wah tahnk you remindernya jadi baru ingat sudah saatnya bawa si hitam ke bengkel buat ganti oli matic..unung Saya baca artikel ini hehehe

    BalasHapus
  9. Hal krusial urusan motor salah satunya ya ganti oli ini.
    Jadi jangan hanya bisa mengendarainya aja tanpa memerhatikan bagian perdalaman kendaraan ya

    BalasHapus
  10. Kaum emak-emak seperti saya itu pasti banyak yang lupa ganti oli motor matic. Serius, ini saya juga merasakan sendiri. Saya pikir motor matic itu cukup di bensin doang. Wkwkwkwk. Wah, cucok ini banyak kok outlet planet ban di Bekasi.

    BalasHapus
  11. Aku gak pake motor matic, kak Nurul..
    Huhu...kenapa ya..rasanya sulit beradaptasi?
    Tapi mungkin someday, aku biasa sama motor matic yang simple. Jangan lupa perawatan rutin agar motor matic semakin tangguh dan awet.

    BalasHapus
  12. Hiyyaaa.. mas Sidqi udah enjoy naik motor ke mana-mana sama gengsnya yaa.. setuju banget anak juga harus tau cara merawat sepeda motor matic, bukan cuma make aja, ya. Oli motor penting banget diperhatikan..

    BalasHapus
  13. motor biasanya diservisin bapack suamiiii, dan dicuciin blio..iya betul kudu telaten ganti oli motor secara berkala gitu ya mba Nurul, aku juga sering merhatiin si mamah ku ganti oli secara rutin biar awet dan terawat motornyaaa

    BalasHapus
  14. Dulu aku agak abai ganti oli mba. Harus diingatkan suami buat ganti oli. Tapi lama kelamaan makin kerasa gimana sih nyetir motor jika sudah lama nggak ganti oli :)

    BalasHapus
  15. Aku pun juga lebih suka pakai motor matic mbak, langsung was wes tanpa repot bolak-balik mindah gigi.
    Eh planet ban bukan cuma jualan ban aja ya, jual oli motor matic juga. Makin lengkap nih layanannya

    BalasHapus
  16. Hal yang sering luput, padahal penting adalah ganti oli. Aku pernah pinjem motor saudara, dan udah gak enak banget bawanya. Setelah diselidiki ternyata sudah lama gak ganti oli dan service. Padahal sangat penting ganti oli agar mesin tetap awet.

    BalasHapus
  17. Motor matic ini memang andalan banget.
    Bisa satset di jalan dan anti macet. Bikin seneng naik motor matic dan jangan lupa untuk terus mengingat kadwal service serta ganti olinya. Agar motor kesayangan tetap alus dan awet.

    BalasHapus
  18. Surabaya kota besar pisan ya mba daei ujung ke ujung lumayan perjalanannya ditambah lagi panas terik hehe sama kayak Semarang, apalagi Semarang kondisi jalannya naik turun memang harus prima kondisi motornya termasuk oli motor ya

    BalasHapus
  19. bener banget lho mba, jangan sampai telat ganti oli karena efeknya panjang banget

    BalasHapus
  20. setuju banget. adekku sering nih diwanti2 untuk sering cek2 oli dan aki motornya. Biar gak rusak mesin2 dalem motornya. Biayanya lebih mahal wkwk

    BalasHapus
  21. Setuju lebih baik rutin merawat daripada dah rusak baru nyesel..termasuk merawat mesin motor matic dengan rutin ganti oli di Planet Ban. Mudah, hemat dan nyaman!

    BalasHapus
  22. Oli memang jangan sampai telat untuk motor matic kita. Sebab berhubungan dengan mesin. Kan nggak lucu lagi enak2nya motoran tetiba oli habis bakal ngaruh ke mesin bisa2 mogok. Aku juga biasanya ganti oli di planet ban mba, hemat hehe...

    BalasHapus
  23. Btw,
    Mak Nurul baru ganti template ya?

    Soal ganti oli motor matic, Babang Iqbal bisa dibilang sangat telaten.
    Alhamdullillah motor yang jelang usia 15 tahun masih layak dikendarai.

    Pas banget dengan tulisan di atas, telaten merawat motor matic dengan rutin ganti oli, telah membuahkan hasil.

    Last but not least,
    Sukses buat kompetisi basketnya ya Sidqi!

    BalasHapus
  24. Mau motor awet apalagi motor.matic wajib teratur ganti oli supaya mesinnya terawat. Nah aku tu teemasuk type teledor lho mak, sukaa lupaa mulu sukanya langsung mancal hehehe (gusti yeni)

    BalasHapus
  25. Aku jaman belum musim motor matic, udah enjoy naik non matic. Eh disuruh ganti gara-gara engkel kaki bermasalah. Gitu aja takut loh mba, tapi begitu tahu kunci rahasia pemakaian motor matic, ternyata sekarang udah biasa aja. Yang penting dirawat sesuai jadwal ganti oli, juga cek mesin berkala. Langganan di Planet Ban juga ternyata ya, di dekat rumah jug ada beberapa bengkel Planet Ban, enak jadi gak susah nyari tempat servis yang ramah di rekening

    BalasHapus
  26. Baca ini baru ingat kalo oli motor matic saya dah telat diganti. Duh, besok deh sy cari waktu buat ganti oli. Makasiih banget mba sdh diingatkan

    BalasHapus
  27. Huaa ... Saya pernah ngalami ini. Saya menunda-nunda buat servis dan ganti oli. Alhasil, motor saya bermasalah. Dan bener banget, waktu servis keluar duitnya juga lumayan. Kapok! Nggak lagi-lagi deh menunda-nunda ganti oli.

    BalasHapus
  28. Iya, motor harus dirawat salah satunya dengan ganti oli ya mbak
    Bisa ganti oli juga di Planet Ban ya

    BalasHapus
  29. Diantara sekian banyak kelebihan motor matic, ini salah satu yang wajib diwaspadai ya. Untuk orang yang gampang lupa kaya aku kudu pakai reminder beneran nih

    BalasHapus
  30. Banyak dr perempuan yg kadang terima beres ya, Mak. Enggak mau urusin service dan oli. Tinggal pakai maunya. Hahaha

    Coba ke Planet ban, ah!

    BalasHapus
  31. Iyo, jangan sampai lupa nih ganti oli biar mesin motor maticnya aweeett... kalau dirawat tuh motor bakalan selalu dalam kondisi prima. Tiap mau dipakai sudah dalam kondisi terbaiknya.

    BalasHapus
  32. wah kapok deh ga ganti oli satu tahun ahahaha sampe banyak yang rusak motornya

    BalasHapus
  33. ini sepele tapi sering banget terlewat kalau saya. kalau udah telat ganti oli baru nyesel dan nyesek juga :-D

    BalasHapus
  34. Pantesan suamiku paling disiplin kalau soal oli, kebetulan motorku matic dan suami selalu inget tanggal ganti oli. Gak boleh telat katanya

    BalasHapus
  35. Aku juga suka ganti oli ke planet ban, Mbak. Btw, pernah loh motor maticku telat ganti oli, dan rusakkk 😭😭😭

    BalasHapus
  36. Kami tak punya motor matic, hanya motor tua yang insyaAllah masih baik. Karena suami rutin ganti oli sendiri. Dia termasuk sensi dalam mengenali kondisi motor dan selalu ingat kapan ganti oli.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dakwah ala Maher Zain

Bersyukur Meski (Tampaknya) Sedang Tersungkur

Berdaya dan Berkarya Bareng Komunitas IIDN