Berdaya dan Berkarya Bareng Komunitas IIDN

 

Knowledge is Power, Community is Strength, and Positive Attitude is Everything

–quote by Lance Armstrong—

Yuhuu, hari gini, siapa sih yang nggak berkomunitas?



Yap, setuju banget kalau sekarang ini eranya kolaborasi. Dan tentu saja, kita butuh untuk terlibat dalam sebuah komunitas yang positif, agar bisa melakukan kolaborasi secara optimal.

Sebagai perempuan, sudah pasti saya ingin tumbuh dan berkembang menjadi sosok berdaya. Yang siap melesatkan asa, menghasilkan karya yang semoga bisa menjadi amal jariyah saya. Alhamdulillah, hobi menulis yang saya tekuni bisa menjadi sarana untuk menuju empowered me. Tapi sebagaimana yang dicetuskan oleh Lance Armstrong, bahwa “Community is Strength” maka sudah barang tentu, saya butuh untuk berkomunitas. Utamanya join dengan komunitas penulis yang memberdayakan para anggotanya.



Setiap orang bertumbuh bersama komunitas. Termasuk saya. Ada sejumlah komunitas perempuan, yang pada gilirannya menjadikan (si)apa dan bagaimana saya hari ini. Gembira, semangat, passionate, adrenaline rush, itulah gejolak emosi yang senantiasa menjadikan beragam komunitas laksana candu. Yang jelas, beragam community yang saya ikuti, siap menginjeksikan positive vibe dalam diri.

Salah satu yang sangat meresap dalam jiwa adalah komunitas IIDN alias Ibu Ibu Doyan Nulis.

Mengapa? Kok bisa?

(1). IIDN sangat memahami aspirasi dan keinginan para anggotanya

Beberapa kali, saya menyimak diskusi antar para pengurus IIDN dengan anggota, yang terjalin secara digital, baik melalui WhatsApp Group ataupun tatkala berada di forum zoom meeting. Luar biasa, kerendahan hati para pengurus layak diacungi jempol! Benar-benar menghargai apapun lontaran ide/gagasan/saran bahkan kritik dari para member. Ini Namanya tumbuh Bersama dan saling mengayomi!

(2). IIDN Rutin Menggelar Workshop yang Siap Bikin Anggotanya Scale Up!

Ini bravo dan juaraaa banget sik! Aneka workshop / pelatihan dihelat secara serius nan paripurna. Saya beberapa kali ikutan, baik yang online maupun offline. Host, pemateri dan semua peserta tuh bisa kompak, selaras seirama untuk siap mengeruk ilmu. Keren sangat!

(3). IIDN adalah Komunitas Perempuan sekaligus Komunitas Penulis yang diusung dengan hati

Kerasa banget, cuyy! Kalau sebuah komunitas diinisiasi dan digerakkan dengan hati… rasanya tulus…. Senang dan betah berada di komunitas ini. Saling menguatkan, saling memberdayakan. No julid julid club. Semua saling bersinergi demi keberadaan perempuan penulis yang makin kece!

Selamat Ulang Tahun, IIDN-ku sayang!

Teruslah bertumbuh menjadi komunitas yang ciamik, dan makin menebarkan manfaat untuk semua.

 

 

Komentar

  1. Knowledge is Power, Community is Strength, and Positive Attitude is Everything...
    Read more similar quotes on - https://webdesignwala.com

    BalasHapus
  2. Dulu wakt kenal IIDN dari FB rasanya senang banget. Eh kok ada ya pikirku yang juga sejalan sehobi denganku, menjalani peran sebagai istri tetapi juga tetap ingin menyalurkan kegiatan menulisnya. Ini keren.

    BalasHapus
  3. Bagus banget quotenya. Tapi memang benar begitu adanya ya, mb. Community is strength, jadi kekuatan sendiri dan support system yg bisa diandalkan..

    BalasHapus
  4. Kenal IIDN sejak saya pertama aktif nulis, jadi komunitas menulis pertama bagi saya. Dan senangnya di sini, karena IIDN diinisiasi dan digerakkan dengan hati. Semua saling menguatkan dan saling memberdayakan, tumbuh dan melesat bersama:)

    BalasHapus
  5. seru banget bisa bergabung dengan komunitas blogger IIDN, yang pasti saya jadi makin rutin nulis mba, dan pastinya dapat ilmu banyak banget tentang blogging

    BalasHapus
  6. Aku kenal IIDN dari FB. Alhamdulillah IIDN Memfasilitasi para IRT yang punya hobi menulis.

    BalasHapus
  7. Walaupun aku bukan tim intinya IIDN, memang harus kuakui IIDN itu salah satu komunitas paling wadah berdaya. Banyak ilmu-ilmu ngeblog dan networking ya dari IIDN

    BalasHapus
  8. Setuju sekali dengan kata-kata knowledge is power. Siapa yang punya pengetahuan tentu akan maju dan berkembang menguasai dunia. Saya pun rasanya mendapat banyak sekali pengetahuan setelah gabung dengan IIDN Mbak. Komunitasnya benar-benar aktif dan produktif..

    BalasHapus
  9. Selamat ulang tahun untuk IIDN. Senang ya rasanya berkomunitas. Punya banyak teman rasa saudara. Udah gitu skill menulis juga banyak saya pelajari saat berkomunitas. Menulis juga jadi berkah buat saya, pernah ketemu langsung Teh Indari yang luar biasa, bersyukur Ada IIDN yang menbantu saya bertumbuh.

    BalasHapus
  10. IIDN memiliki tempat terbaik di hati saya juga karena merupakan komunitas pertama yang saya ikuti dan boleh dibilang sangat membantu saya ketika pertama kali memulai menulis, ngak terasa sudah 12 tahun ya IIDN dan tahun ini adalah tahun ke-10 saya bersama IIDN. Semoga selalu menginspirasi semua ibu untuk mengaktualisasikan dirinya dengan menulis.

    BalasHapus
  11. Pertama kali kenal IIDN dari IG trus ikut acara offline sebelum pandemi. Dari situ ikut kelas wag belajar ngeblog. Eh keterusan deh sampai sekarang.

    BalasHapus
  12. Ah iya, IIDN ini emang beda ya mbak
    Komunitas yang emang tahu kebutuhan member
    Memberikan ruang untuk belajar Dan berkarya

    BalasHapus
  13. Dengan masuk komunitas menjadi semakin banyak jalan terbuka ya, apalagi IIDN, sangat memfasilitasi segala kegiatam untuk anggotanya, mulai dari nambah ilmu sampe lomba dan menelorkan karya

    BalasHapus
  14. Seru, ya, kalau menjadi bagian komunitas itu. Semangat jadi lebih terjaga. Saya selama ini baru ikut komunitas secara online, semoga ke depannya bisa ikut juga event blogger offline seperti Mbak Nurul.

    BalasHapus
  15. Terima kasih Mbak Nurul. Amin untuk semua doa dan harapan baik untuk IIDN, untuk kita semua. Insyaallah terusss menuju ke arah lebih baik

    BalasHapus
  16. Aduh mudah-mudahan ada kesempatan buat ikutan acara offline IIDN kaya mbak Nurul
    Emang IIDN itu acaranya seru-seru banget

    BalasHapus
  17. IIDN membantu para ibu lebih berkarya dan berdaya. setujuuuu.

    BalasHapus
  18. Asyik banget memang ya IIDN ini. Beruntung deh gabung di komunitas kece begini.

    BalasHapus
  19. seinget aku join ibu ibu doyan nulis tahun 2013 pas aku lagi cari-cari FB Group ibu-ibu yang suka nulis, eh ketemu deh IIDN trus join

    BalasHapus
  20. Aku juga bagian dari IIDN Solo nih meskipun nggak aktif banget. Tapi yang jelas salut sama ibu-ibu di IIDN Solo khususnya tuh. Karya dan tulisan mereka udah wira-wiri di penerbit dan media massa tapi masih aja pada humble dan nggak sombong.
    Beneran membantu ibu-ibu untuk berdaya dan berkarya deh IIDN tuh.
    Selamat ulang tahun juga bust IIDN, semoga tetap solid dan makin kece. Jobnya juga makin banyaak, aamiin

    BalasHapus
  21. GA berasa banget udah 12 tahun aja nih IIDN, Komunitas yang aku kenal semenjak lama juga dan memang memeberdayakan membernya. Selamat dan sukses buat IIDN, jaya teruss yaa.

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah.. molly juga merasakan bgt manfaatnya berjejaring dan berkomunitas. Minimal bisa dapat temen satu hobi.

    BalasHapus
  23. Nice quote. IIDN juga komunitas yang saya ikuti pertama kali. Senang bisa mengenai IIDN dan membantu saya untuk bertumbuh. Semoga semakin berkah dan menginspirasi banyak perempuan.

    BalasHapus
  24. Komunitas yang terbentuk berdasarkan persamaan hobi dan pekerjaan, biasanya akan saling mendukung ya Mak. Sama-sama meningkatkan kemampuan menulis, berkawan dengan sesama penulis, dan ngobrol setiap hari tentang tulisan. Yah secara tak langsung itu saja sudah memberdayakan. Apa lagi kalau di support dengan rutin mengikuti workshop, duh ibarat mengasah pisau, akan semakin tajam :)

    BalasHapus
  25. Senang ya mbak berkomunitas di IIDN, apalagi kalau para anggotanya merasa dapat banyak hal istimewa dari sana, kayak Mbak Nurul.

    Aku sendiri lupa kapan pertama kenal IIDN. Dulu dikenalin oleh Mbak Irawati, temen travel blogger asal Jember yang udah belasan tahun berdomisili di Jerman. Dari Mbak Ira aku tahu, dan seingatku tahun 2012 apa 2013 ya, lupa. Pokoknya pas awal2 aku nulis di media. Dari situ aku follow (apa join ya, lupa)) akunnya di FB.

    Aku ga aktif di sana tapi sering membaca postingan2nya. Dan semakin sering mengamati/membaca aktivitas komunitas saat Mbak Wid jadi ketua. Pernah merasakan diundang jadi juri lomba blog yang IIDN gelar, masya Allah :)

    Selamat ultah IIDN!

    BalasHapus
  26. Waah IDN ulang tahun...
    Selamat ulang tahun semoga IDN makin berjaya di darat dan udara...
    Saiyah mengenal.IDN tahun kemarin setelah memiliki.blog dan ikut lomba blog yang IDN buat.

    Kereen IDN 👍 (gusti yeni)

    BalasHapus
  27. Saya pun tidak akan lupa pertama kali gabung iidn, di group Facebook saat itu saya masih lajang dan bekerja di Taiwan
    Sampai sekarang saya rasakan banyak sekali manfaatnya

    BalasHapus
  28. Berkomunitas itu menyenangkan dan jadi banyak teman apalagi kalau memang sevisi misi. Misalnya kita yang memang suka nulis. Selamat ulang tahun buat Ibu Ibu Doyan Nulis

    BalasHapus
  29. Kegiatan komunitas IIDN banyak juga ya & bermanfaat buat anggotanya. Aku join jadi membernya juga tetapi belum pernah ikut event offlinenya.

    BalasHapus
  30. Memang paling pas ya mbak gabung di IIDN
    Bisa berkarya dan berdaya bersama lewat tulisan

    BalasHapus
  31. Ikut komunitas itu kyk bikin kita terpicu utk maju juga, jd kyk maju bareng2 gitu. Kyknya jg lebih cepat sampai tujuan ketimbang jalan sendiri2 ya mbak. AKu ikut IIDN tapi gak terlalu aktif, cuma suka melihat dari jauh :D

    BalasHapus
  32. Selamat ulang tahun IIDN.
    Semoga senantiasa membawa kebahagiaan dan keberkahan juga ilmu yang bermanfaat bagi anggotanya. Senang sekali melihat semangat kak Nurul.

    BalasHapus
  33. Selamat ultah IIDN, semoga makin sukses membersamai anggotanya yang saling bersinergi demi keberadaan perempuan penulis di Indonesia!

    BalasHapus
  34. Selamat Ulang Tahun IIDN. Jadi ingat di tahun 2011 lalu pertama kali kopdar dengan teman-teman IIDN Makassar. Ya ampun lama banget.. Sekarang udah tinggal di Lombok, tapi belum ketemu nih sama IIDN di sini..

    BalasHapus
  35. Buatku, IIDN juga merupakan komunitas menulis pertama yang bikin aku produktif. Aku nulis buku dan lalu bikin buku antologi juga di IIDN. Duh kangen deh bisa nulis buku bareng IIDN lagi. :D

    BalasHapus
  36. Udah 12 tahun aja, yaa. Met ulang tauun, IIDN. Sepakat bgtt, hari gini enggak kolaborasi berasa sendirian bgtt dan susah berkembang ya, Mbak

    BalasHapus
  37. Selamat ulang tahun IIDN. Senangnya menjadi bagian dari komunitas keren kayak iidn ini. Semoga semakin banyak yang bergabung dengan IIDN ya mak.

    BalasHapus
  38. Barokaallah IIDN, komunitas ini ada sejak aku belum jadi blogger. Dulu banget sering ikutan kalau lagi ada diskusinya di medsos

    BalasHapus
  39. IIDN keren konsisten mendampingi ibu2 belajar nulis dari nol. Sejak dulu dan kini berkembang lebi elegan dan bagus.

    BalasHapus
  40. keren ya IIDN selalu konsisten, semoga terus memberikan inspirasi ya bagi para ibu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bersyukur

Ayo Tetap Sehat, Jelang Transisi Pandemi Menuju Endemi!