Merayakan Kemenangan Kecil

 Entah ini perasaanku aja, atau memang 2023 ini berjalan begitu cepat, ya? Kayak woooshhh, beneran lariiii, rasanya baruu aja kita masuk 2023, lalu Ramadan... Lebaran, eh...kok ujug-ujug udah mau pisah dengan tahun ini?

Bisa jadi, waktu berjalan cepat lantaran kita menjalani hari dengan super fun. Yahh, walaupun ada satu dua catatan tentang "HARUSNYA AKU BISA BEGINI NIH!" it's okay... memang dalam hidup, adaaa aja hal-hal yang menjadi penyesalan kita. Misalnya, karena saking "keenakan" berada di zona nyaman selama 2023, dapat dimaklumi jika kita merasa kurang produktif dalam beraktivitas.



Untuk menghadapinya, kita dapat melakukan self progress atau kemajuan diri. Tujuannya supaya kita lebih memberi perhatian terhadap aktivitas apa saja yang telah dilakukan setiap harinya. Kita juga dapat mengetahui apa yang harus diperbaiki dan apa yang harus dipertahankan supaya bisa tetap produktif dalam beraktivitas.

 Selain itu, dengan lebih mengenal diri, kita lebih mengetahui hal apa yang bisa mendorong untuk lebih bersemangat dalam beraktivitas dan sebaliknya, hal apa yang menghambat aktivitas.

 Secara umum, self progress membantu untuk lebih mudah mengenal diri sendiri. Pengetahuan tentang diri sendiri ini amat diperlukan karena dapat menjadi bekal untuk menjadi versi diri terbaik sesuai dengan kondisi. 

 Sebenarnya, apa itu self progress? Bagaimana cara melakukannya? Adakah bantuan yang bisa kita dapatkan untuk melakukannya? Untuk mendapatkan jawaban dari berbagai pertanyaan tersebut, baca artikel ini hingga usai, ya.

 Secara harfiah, self progress dimaknai sebagai kemajuan secara pribadi. Self progress dapat pula diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan seseorang untuk tumbuh sebagai seorang pribadi dengan cara meningkatkan keterampilan, kompetensi, bakat, dan pengetahuan secara sadar (Destiny Odyssey).

 


Dengan kata lain, self progress adalah upaya yang dilakukan seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih maju karena melakukan aktivitas untuk meningkatkan keterampilan, kompetensi, bakat dan pengetahuan secara sadar.

 Selain harus dilakukan secara rutin, self progress juga dapat dimulai dengan kebiasaan kecil. Misalnya seperti bangun pagi setiap hari. Dengan bangun pagi, kita memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri sebelum menjalani hari. 

Salah satu bentuk persiapan di pagi hari yang bisa kita lakukan adalah membuat to-do list untuk hari itu. Ketika kita telah punya rencana yang jelas mengenai apa yang ingin dicapai dalam satu hari, kita terdorong untuk mengerjakannya daripada bermalas-malasan sehingga produktivitas menurun.

Untuk terus meraih kemajuan (progress) di tiap harinya, kita bisa coba melakukan sejumlah langkah ini.

 

1. Miliki komitmen yang kuat

 Langkah awal supaya bisa selalu ber-progress setiap harinya adalah dengan memiliki komitmen tekad yang kuat untuk mencapai sesuatu. Pastikan bahwa tujuan ini hanya bisa didapatkan setelah melakukan sejumlah aktivitas secara rutin dalam jangka waktu tertentu sehingga kita  harus melakukan progress setiap hari baru tujuan ini bisa tercapai.

 Misalnya kita ingin punya tubuh yang lebih sehat. Untuk meraihnya, tentu kita harus olahraga dan makan makanan sehat, dan perlu melakukan dua aktivitas ini secara rutin setiap harinya.

 

2. Menetapkan Jadwal Kegiatan Setiap Hari

 Apabila kita telah punya komitmen yang kuat dan ingin punya catatan tentang kemajuan untuk mencapai tujuan tersebut, yuk kita menetapkan jadwal kegiatan setiap hari yang berisi aktivitas untuk mencapai tujuan tersebut.

 Misalnya ingin punya kemampuan public speaking yang baik, maka dalam sehari harus ada aktivitas berbicara di depan kaca untuk meningkatkan kemampuan tersebut.

 3. Beristirahat

 Setelah berhasil melakukan berbagai aktivitas yang sesuai agenda yang telah dibuat, maka kita perlu mengistirahatkan diri supaya bisa melakukan aktivitas yang sama atau bahkan meningkat sedikit-demi sedikit keesokan harinya.

 Jika ada aktivitas dalam agenda yang belum berhasil dilakukan hari ini, tentu tidak apa. Ingat, sesempurna apapun rencanamu, terkadang hal tak terduga bisa saja terjadi. Tidak perlu merasa sedih atau bahkan stress berlebih karena hal ini, cukup yakinkan diri bahwa masih ada hari esok untuk memperbaiki semuanya.

 

4. Bersyukur atas hal-hal baik kecil

 Sebagai penutup hari, yuk kita bersyukur atas apa yang berhasil kita lakukan di satu hari. Tak hanya itu, kita juga bisa bersyukur atas hal-hal sederhana yang ada di sekeliling. 

Misalnya bersyukur masih bisa bermain dengan peliharaan kesayangan hingga bersyukur karena masih diberikan kesehatan. Perasaan syukur bisa kita ungkapkan ketika sedang berdoa atau dengan menuliskannya dalam buku jurnal atau blog.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bersyukur

Berdaya dan Berkarya Bareng Komunitas IIDN

Membincang Kematian Bersama Ananda