Tolooong, Saya Kecanduan Lomba Blog!



Abaikan judulnya yak :)
Yang namanya lomba blog itu, emang sukses jadi “candu” dalam hidup saya. Kalau lagi bingung mau posting apa, maka saya segera googling dan berkunjung ke sejumlah situs, untuk menggali informasi soal lomba blog apa saja yang lagi running.
Awal-awalnya, ikutan lomba blog itu bermodal semangat ‘coba-coba’ plus ‘iseng-iseng berhadiah’. Yah, ketimbang blog dibiarin mangkrak, mendingan diisi dengan postingan lomba blog kan?
Sekali, dua kali, sepuluh kali, nama saya sama sekali nggak pernah nangkring di jajaran pemenang. Huhuhuhu… *mewek* Rasanya udah mulai males deh ikutan kontes blog. Palingan ntar kalah lagi kayak yang udah-udah.
Etapiii, kayaknya kontes yang ini temanya asik deh. Syaratnya gampang pulak. Coba aja aahhh…
Daaan… coba-coba saya ternyata membawa hasil! Untuk pertama kalinya, sodara-sodara, postingan saya diapresiasi sebagai juara! Rasanya? Ulalaaaa…. mak nyusss sip markosip good marsogood… endang bambang gulingdaaanggg **pak bondan die hard fans**
Kemenangan di satu lomba itu, ternyata bikin saya tertantang untuk menjajal lomba lain. Dan ternyata, memang lomba blog itu melimpah ruah. Wah, para bloggers beneran dimanja sama berbagai brand nih. Ternyata beberapa brand mengandalkan engagement dengan para netizen, melalui postingan bloggers! Wuhuuuu… seneng kan, kalo ternyata apa yang kita lakukan beneran diapresiasi?
Ya udin. Akhirnya, saya kian semangat berburu informasi demi meraup rezeki. Di awal-awal petualangan, saya udah kayak orang yang kemaruk. Maunya SEMUA lomba blog dijabanin. Yang tentang asuransi mobil, hayuk… Lomba blog suku cadang kendaraan, okee… lomba blog fashion, kecantikan, parenting, deterjen, SEMUANYA!
Selama saya dapat infonya, maka laksana dikejar setan, saya akan ngos-ngosan menyelesaikan semua postingan sebelum Deadline.
Lalu, HASILNYA?
NOL BESAR, pemirsa :)
Nyaris tidak ada satupun kemenangan yang saya raih. Semuanya kalah, kalah, dan kalah.
Lalu, saya mulai mengatur strategi. Sekaligus menimba ilmu dari postingan blogger (senior) yang langganan juara.
Dari semua tips itu, saya mengambil beberapa poin penting yang bisa Anda jadikan pegangan tatkala mengarungi samudera kontes per-blogging-an.
1. Ikutilah lomba blog yang kita banget, intinya yang relate dengan kehidupan kita.Ini saran yang ‘kena banget’ buat saya. Misalnya di blog suku cadang mobil, oh, helloww, emangnya saya bisa gitu ngurusin mobil? Nyetir aja kagak bisa. Jadi, ketika ‘dipaksakan’ menulis, saya hanya memproduksi artikel yang enggak tulus apalagi afgan atau beby romeo
2. Pahami tema Jangan sekali-kali melenceng dari tema! Suatu ketika, saya ikutan lomba blog tentang parenting. Wah, ini relate banget kan dengan kehidupan saya sebagai emak-emak. Maka dari itu, saya bikin lah postingan yang mendayu-dayu dibungkus diksi nan menawan, pokoke bakal bikin terkiwir-kiwir deh. Tapiii oh tapiii, temanya kagak sesuai! gubraks. Bisa diprediksi, postingan saya terjungkal sejak awal. Apalah arti postingan yang artsy dan keren bingits menurut gue, bukan menurut juri, tapi melenceng dari tema.
3. Patuhi syarat ketentuan Jangan sampe lewat Deadline! Ini nih, yang kudu dihighlight, distabilo, di-caps lock ama para blogger sejagat raya. Yang namanya lomba juga punya printhilan syarat follow si anu follow si itu, like page si nganu… dan yang pasti follow twitter @nurulrahma
4. Be creative! Ini maksudnya, Anda bisa tambahkan elemen2 yang enggak terpikirkan oleh blogger lain. Bikin videonya! Atau bikin tutorial dalam bentuk komik! Sebangsa itu. Nah, karena aku kagak bisa sekreatif itu, yang jadi “jualan”ku adalah: the way I tell the whole story, dan pilihan diksi yang kudu variatif. Ini bisa dipupuk dengan rajin2 blogwalking yak.
5. Berdoa Setelah tulisan dibikin, syarat ketentuan dll-nya udah dipenuhi, maka semuanya bergantung pada takdir Allah, plus keputusan juri. Ya wis, it’s time to pray :))
Nah, pegimane? Mau ikutan ramai-ramai bertualang di beragam kontes blog?
Yang jelas, pasanglah semangat “nothing to lose” Ini penting banget, karena memang BELUM TENTU kita yang dapat kesempatan untuk memenangkan kompetisi. Memang kalo kalah itu rasanya gimanaaaa gitu ya.. Tapi, percayalah, seiring berjalannya waktu, kita bakal menemukan banyak hal yang menyenangkan dari petualangan kontes Ngeblog ini. Karena apa? Karena ngeblog, kontes blog dan apapun itu, beneran bikin kecanduan!! Ayoooo… #SemangatNgeblog!!
Salam hangat dari Surabaya,
@nurulrahma

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bersyukur

Ayo Tetap Sehat, Jelang Transisi Pandemi Menuju Endemi!

Berdaya dan Berkarya Bareng Komunitas IIDN